Masak Menu Hari Ini dengan Bahan Sederhana

Ikan ayam ayam
Ikan ini cuma bisa di bakar ya moms kulitnya keras dagingnya tebal seperti daging ayam. Bakar langsung gak usah di bumbuin jg enaakk di bumbuin lebih enak lagiiii.
Kalau saya di bumbuin badan dalamnya sampai merata seperti di video ya moms cara robek kulitnya

Ikan bakar bumbu minimalis

5 siung bawang putih
1 ruas kunyit
1 sdt kaldu jamur
1 sdt garam
Lada

Haluskan bawang putih dan kunyit campur kaldu jamur, garam, lada balurkan ke badan ikan sampai merata diamkan sesaat baru bakar sampai matang
Angkat makan dengan sambel kecap joss.

Sambel kecap

Tomat ijo
Rawit
Bawang merah
Kecap manis
Kecap asin angsa
1/2 sdt terasi bakar
Jeruk limo / jeruk nipis

Iris semua bahan campur jadi satu tuang kecap manis dan kecap asin kira2 aja kuncurin dengan jeruk limo.

Bakwan udang

250 gr udang kupas keprek aja
2 bawang merah haluskan
1 siung bawang putih haluskan
1 sdt kaldu jamur
1/2 sdt garam
Lada
Air kira2 jangan encer jangan kental

2 sdm tepung terigu
1 sdm tepung beras
1/2 sdm Sagu / maizena
1 sdt minyak wijen

Campur semua tepung, kaldu jamur, garam, lada, minyak wijen,air sedikit sedikit aduk rata jangan terlalu kental dan jangan encer masukan udang aduk rata. Goreng dengan api sedang sampai kecoklatan angkat.
Cocol dengan sambel serba guna.

Seaweed soup

2 keping rumput laut siram air bentar sambil di bilas beberapa kali peras tiriskan

Daging kapsim secukupnya iris2 tipis
1 butir telur kocok lepas
2 siung bawang putih cincang halus
Kaldu jamur
Garam
Lada
700 ml air

Tumis bawang putih sampai wangi baru masukan daging kapsim aduk sampai daging berubah warna masukan air sampai mendidih masukan kaldu jamur, garam, lada ,rumput laut ,tuang telur yg sudah di kocok lepas sedikit sedikit sambil di aduk tes rasa.Taburin daun bawang dan minyak bawang putih siap dihidangkan.

Selamat mencoba ya, semoga beberapa resep ini bisa membantu memberikan ide agar ibu – ibu tidak bingung lagi ketika ingin masak di rumah.

Ganti Santan dengan Fiber Creme Agar Makanan Tetap Sehat

Makanan tetap gurih dan sehat walaupun tidak menggunakan santan? Bisa banget ya karena sekarang sudah ada yang namanya fiber creme. Salah satu bahan masakan ini bisa menggantikan fungsi santan maupun susu. Rasanya tetap sama dan tidak mengurangi rasa yang ada loh. Berikut ini beberapa resep makanan yang menggunakan fiber creme.

Tiba-tiba kepikiran pengen makan seblak
Cus langsung bikin dech dengan bahan yg ada aja.

Bahan :
Macaroni, pasta spiral, masing2 1 genggam rebus hingga empuk
5buah kerupuk kering (rebus dulu jg boleh)
1/2 keping mie instan
3 buah rawit utuh.
Bumbu halus :
5 buah bawang merah
2 buah bawang putih
1/2 jempol kencur
5 buah cabe merah keriting
Garam, gula, penyebab sesuai selera
Supaya lebih enak aku tambahkan 1sdm fiber creme
300ml air

Cara :
Tumis bumbu halus hingga harum, tuang air lalu kerupuk kering, mie instan, rawit, pasta spiral dan macaroni
Tambahkan garam, gula, penyedap dan fiber creme
Masak hingga meresap, koreksi rasa lalu angkat.
Tabur dengan bawang goreng dan daun bawang.

MIE AYAM JAMUR
Masak sendiri makan sendiri
Ayamnya jadi legit ciamik karena aku tambahkan fiber creme.

Bahan toping ayam :
500gr dada ayam cincang kasar
3 buah jamur hioko kering, rendam sampai lunak dan cincang
Bumbu :
8 buah bawang putih cincang halus
1sdt lada bubuk
2sdm saos tiram
1sdm kecap asin
1sdm kecap manis
1sdt gula pasir
Garam sesuai selera
Supaya lebih enak dan creamy aku tambahkan 2sdm fiber creme.
250ml air
Untuk mienya saya beli jadi, tinggal di rebus.

Cara :
Tumis bawang putih dengan api kecil, masukan ayam aduk2 lalu masukan jamur masak krg lebih 1 menit sambil di aduk bolak balik.
Tambahkan air, semua bahan penyedap dan fiber creme
Masak hingga air menyusut, koreksi rasa lalu angkat.

Rebus mie, lalu tiriskan.
Tambahkan minyak bawang, lada bubuk, kecap asin dan penyedap jamur, aduk ratakan, tata di mangkok lalu tambahkan ayam jamur di atasnya.
Kamu jg bisa tambahkan bakso ikan, telur rebus, dan sayur sesuai selera.

Ayam Bakar Madu Lezat dan Sehat

Ayam bakar madu adalah salah satu kreasi masakan ayam yang terbilang sehat karena tidak digoreng dan mengandung kolestrol. Biasanya kita bisa menemukan ayam bakar madu di banyak restoran karena merupakan menu utama yang sangat laris.

Namun kali ini kita akan masak ayam bakar madu sendiri di rumah. Dengan bahan yang sangat sederhana sekali, kamu sudah bisa menikmati ayam bakar madu yang sehat dan lezat. Salah satu keuntungan dari masak sendiri adalah bahan yang lebih fresh dan juga higienis

RESEP AYAM BAKAR MADU LEZAT

Bahan :
1 ekor ayam potong mau pakai ayam kampung juga boleh pasti lebih enak.

Bumbu halus :
– 6 siung bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 1 sdt ketumbar disangrai dulu yah
– garam sesuai selera

Bahan Saos :
– 4 sdm madu (boleh sesuaikan selera yah ditambah atau kurangi)
– 3 sdm kecap manis
– 1/2 sdm saos tiram
– 2 sdm saos tomat (boleh tambahkan saos sambal kalau suka rasanya pedes manis) kebetulan buat anak anak jadi aku ga kasih saos sambal.
– 1 mata asam jawa + air panas 2 sdm
– 1 sdm jeruk nipis
– 2 sdm butter boleh pake margarin.

Bahan olesan :
Margarin dan kecap sesuai kebutuhan dan selera juga

Caranya :
– tumis bumbu halus sampi matang dan wangi lalu masukkan ayam.
Masak sampai berubah warna lalu tambahkan air sampai ayam semua tergenang.

– masukkan bahan saos.. tunggu sampai ayam empuk dan koreksi rasanya yah, garam gula dll, tunggu bumbu meresap sampai mengental.

– lalu panggang di grill atau teplon dengan bahan olesan sampai kedua sisi kecoklatan.

– sajikan deh dengan sambal kesukaan.

Sekarang anda sudah bisa membuat ayam bakar madu sendiri di rumah. Selain tidak berminyak, ayam bakar madu juga sangat lezat sehingga bisa menjadi menu makan siang atau makan malam yang bergizi.

Bahan – bahan sederhana yang diperlukan juga bisa anda temukan di market terdekat. Bahkan jika ingin lebih mudah, anda bisa download aplikasi market online dan belanja secara online. Bahan yang anda butuhkan akan sampai di rumah anda diantar oleh kurir dari aplikasi tersebut.