Kompor Portable yang Mempermudah Kegiatan Memasak

Gorengan kesukaan sejuta umat …
Cakue isi udang adonannya poll udang.
Wangi gurih, lembut didalam krispy diluar enaknya mantap poll

Saya menggoreng cakuenya menggunakan Hi Cook Kompor Portable KC 105 dan DEEP FRY PAN DP-24 series terbaru dari hicookofficial.
DEEP FRY PAN DP-24 ini keren bangeett dengan warna yg cantik. Enak dipakai tidak lengket dan anti gores, gagang / handlenya tahan panas dan dapat digunakan segala jenis kompor.

Cakue udang

2 bh cakue setengah mateng di belah dua potong jadi 3 ato menurut selera gunting tengah cakue buat isi

300 gr udang cincang kasar
2 siung bawang putih cincang
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
2 sdt kaldu jamur
1 sdt saos tirem
2 sdm minyak wijen
Lada
2 sdm sagu
Daun bawang
Campur semua bahan isi ke cakue
Goreng dengan api sedang, bagian yg isian di bawah gorengnya baru di bolak balik kira2 warnanya udah kekuningan angkat
Selamat mencoba!

Udang goreng asem
Slide ke 2 ada yg tau sambel apa kah ?
Setiap daerah pasti beda beda ya sambelnya, kalau aku selagi cocok dilidah pedas asem pasti doyaaaan
Itu sambel paporitenya Paksu.

Udang goreng asem

1/2 kg udang laut besar cuci bersih belah punggungnya dikit aja biar bumbunya meresap
2 sdm asem Jawa
2 sdm gula
2 sdt kaldu jamur
1 sdt garam
Lada

Campur semua bahan remes2 pelan2 biar rata.
Panaskan kuali masukkan udang aduk2 sambil tes rasa ya ,aduk sampai airnya kering kecilkan api tuang minyak kira2 2 ato 3 sdm aja aduk sampai kering dan wangi angkat hidangkan.

Kalau udang tidak keluar air kecilkan api aduk bolak balik udang sampai kulitnya merah baru siram sedikit minyak masak sampai kering dan matang.

Bikin cemilan enakk kriuk kriuk garing bangeettt
Uyen / talas goreng.

Uyen / talas goreng

1/2 talas ponti parut kasar
1 sdm tepung sagu
2 sdm tepung beras
1 sdm ebi sangrai haluskan
1 sdt kaldu jamur
Lada
1/2 sdt baking powder
50 ml air

Bumbu halus
5 bawang merah
4 bawang putih
1 ruas jahe
1 sdm tauco siram air panas tiriskan

Campur semua bahan aduk rata goreng bulet pakai bantuan 2 sendok dengan api sedang sampai kecoklatan angkat.
Selamat mencoba

Ganti Santan dengan Fiber Creme Agar Makanan Tetap Sehat

Makanan tetap gurih dan sehat walaupun tidak menggunakan santan? Bisa banget ya karena sekarang sudah ada yang namanya fiber creme. Salah satu bahan masakan ini bisa menggantikan fungsi santan maupun susu. Rasanya tetap sama dan tidak mengurangi rasa yang ada loh. Berikut ini beberapa resep makanan yang menggunakan fiber creme.

Tiba-tiba kepikiran pengen makan seblak
Cus langsung bikin dech dengan bahan yg ada aja.

Bahan :
Macaroni, pasta spiral, masing2 1 genggam rebus hingga empuk
5buah kerupuk kering (rebus dulu jg boleh)
1/2 keping mie instan
3 buah rawit utuh.
Bumbu halus :
5 buah bawang merah
2 buah bawang putih
1/2 jempol kencur
5 buah cabe merah keriting
Garam, gula, penyebab sesuai selera
Supaya lebih enak aku tambahkan 1sdm fiber creme
300ml air

Cara :
Tumis bumbu halus hingga harum, tuang air lalu kerupuk kering, mie instan, rawit, pasta spiral dan macaroni
Tambahkan garam, gula, penyedap dan fiber creme
Masak hingga meresap, koreksi rasa lalu angkat.
Tabur dengan bawang goreng dan daun bawang.

MIE AYAM JAMUR
Masak sendiri makan sendiri
Ayamnya jadi legit ciamik karena aku tambahkan fiber creme.

Bahan toping ayam :
500gr dada ayam cincang kasar
3 buah jamur hioko kering, rendam sampai lunak dan cincang
Bumbu :
8 buah bawang putih cincang halus
1sdt lada bubuk
2sdm saos tiram
1sdm kecap asin
1sdm kecap manis
1sdt gula pasir
Garam sesuai selera
Supaya lebih enak dan creamy aku tambahkan 2sdm fiber creme.
250ml air
Untuk mienya saya beli jadi, tinggal di rebus.

Cara :
Tumis bawang putih dengan api kecil, masukan ayam aduk2 lalu masukan jamur masak krg lebih 1 menit sambil di aduk bolak balik.
Tambahkan air, semua bahan penyedap dan fiber creme
Masak hingga air menyusut, koreksi rasa lalu angkat.

Rebus mie, lalu tiriskan.
Tambahkan minyak bawang, lada bubuk, kecap asin dan penyedap jamur, aduk ratakan, tata di mangkok lalu tambahkan ayam jamur di atasnya.
Kamu jg bisa tambahkan bakso ikan, telur rebus, dan sayur sesuai selera.

Kumpulan Resep Makanan Lezat dari Makfoodies

PEMPEK DEKIL CHECKKK

Salah satu makanan khas sumatera selatan yaitu pempek. Makanan ini sudah ada sejak zaman dahulu kala dan dibuat karena tanpa sengaja. Banyaknya ikan tenggiri yang ada di laut membuat akhirnya terciptalah makanan ini untuk memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia.

500gr kulit ikan tenggiri
Bawang putih & merah
1 butir telur
2sdt p.jamur
2sdt garam
2sdt gula pasir
3 sdm terigu
450gr sagu
150ml air

ENDUL BANGET

Bikinnya gede2 biar cepat kelar nih siomay ayam udang. buat kamu yang rajin dan sedang punya banyak waktu bisa bikin kecil – kecil ya biar lebih gampang disantap.
Siomainya dgn aneka toping biar kekinian.
Cus la di coba mak

Resep Siomai Ayam Udang

250gr dada ayam
250gr paha ayam.
Lap kering ya lalu di choper atau cincang 1/2 halus.
200gr udang kupas cincang.

2 sdm saos tiram
1sdm kecap asin
1 sdm gula pasir
1/2 sdm garam
1/2 sdm penyedap jamur
1/2 sdt lada bubuk
3 buah bawang putih halus
2sdm minyak wijen
100gr sagu.
Cara:
Campur semua bahan kecuali sagu, aduk rata. Baru masukan sagu. Aduk rata lalu bungkus dgn kulit pangsit.
Pilih kulit pangsit khusus rebus.
Kukus 20 menit.

Bahan saos.
2-3sdm saos tomat
5sdm saos sambal
2buah bawang putih halus.
1sdt penyedap jamur
2 sdm gula pasir
Air krg lb 150ml.

LUMPIA AYAM UDANG
Resep :
150gr ayam
75gr udang kupas
1/2 wortel,
2 btg daun bawang,
1,5sdt masako ayam
1,5 sdm saos tiram
1sdm minyak wijen
1/2sdt lada bubuk
1sdm penuh sagu
Kalau mau lb gurih bisa tambahkan sedikit gula pasir ya bun.

Ini menu bs naikin BB anak jg lo bun protein, sayur, lemak
Seperti fuyunghai tp gak pakek saos asam manis karena anak2 ku gak suka saosnya.

Resep
150gr daging sapi cincang
3 butir telur
Sayur apa aja aku pakai kol
Daun bawang 2 btg
1/2 sdt lada bubuk
1sdt penyedap jamur
1/2 sdt garam.

Campurkan 2sdm terigu + 2,5sdm sagu dgn air secukupnya. Spy tepung rata tdk bergelindir.

Selamat mencoba

Aneka Resep Cemilan Pada Bulan Puasa

MANISAN KOLANG KALING

Bahan :
. 250gr kolang kaling
. 5sdm sirup tjampolay cocopandan
. 1lbr daun jeruk
. 1lbr daun pandan
. 5sdm munjung gulpas/sesuai selera
. 400ml air putih
. 1/2sdt pasta pandan
. Air cucian beras secukupnya

Cara :
. Rendam kolang kaling dg air cucian beras 5 jam. Tiris ( untuk menghilangkan bau tidak sedap)lalu cuci sampai bersih.
. Rebus air, gulpas, dn pandan, dn jeruk, pasta pandan, sirup. Setelah mendidih & gula larut tuang kolang kaling masak sampai air tinggal setengah dg api sedang sesekali diaduk ya.
. Taruh dikulkas diwadah kedap udara. Sajikan dalam keadaan dingin lebih nikmat

PEYEK KACANG HIJAU

Bahan :
. 200gr tpg beras
. 150gr kacang hijau
. 2sdm tpg tapioka
. 1btr telor
. 500ml santan sedang(kira2)
. Minyak untuk menggoreng

Bumbu uleg :
. 2 baput kating
. 1sdt garam
. 1sdt ketumbar
. 2lbr daun jeruk buang batang
. Kaldu jamur
. Sejempol kencur
. 4btr kemiri sangrai

Cara :
. Rendam kacang hijau semalaman, tiris
. Tpg beras, tapioka, bumbu uleg aduk rata tambahkan santan dikit demi sedikit sampai adonan merata masih kental. Masukkan telor aduk rata, lalu tambahkan santan lagi sampai agak encer
. Panaskan minyak, siram sekeliling wajan dg minyak supaya tidak lengket ya. Ambil 1 centong adonan tambahkan 1sdm kacang hijau lalu tuang dipinggiran wajan. Klo adonan sudah langsung jatuh ngalir ke minyak berarti sudah pas
. Masak sampai habis & masukkan ke wadah kedap udara

Nb.
1. Kalau adonan kurang encer peyek nanti nya akan keras.
2. Kacang sebaiknya jangan direndam di adonan karena kurang garing saat digoreng

ES CINCAU

Bahan cincau :
. 40lbr daun cincau
. 1ltr air matang

Cara :
. Cuci bersih daun bilas dg air matang
. Remas – remas kuat ya daun dg stengah air lalu saring, lakukan lagi
. Masukkan ke dalam kulkas semalaman. 2jam pun sudah bisa dikonsumsi namun aroma daun nya masih terlalu pekat

Bahan Santan :
. 65ml santan kara
. 300ml air putih
. Sedikit garam
. 1lbr daun pandan simpul

Cara :
. Rebus air, pandan, garam. Setelah mendidih tuang santan aduk terus sampai santan matang

Bahan gulmer :
. 200gr gulmer sisir
. 200ml air putih

Cara :
. Rebus air & gulmer lalu saring

Ambil cincau secukupnya, tambahkan 3 sendok sayur santan, 2sdm gulmer, es batu. Sajikan