Masak Menu Hari Ini dengan Bahan Sederhana

Ikan ayam ayam
Ikan ini cuma bisa di bakar ya moms kulitnya keras dagingnya tebal seperti daging ayam. Bakar langsung gak usah di bumbuin jg enaakk di bumbuin lebih enak lagiiii.
Kalau saya di bumbuin badan dalamnya sampai merata seperti di video ya moms cara robek kulitnya

Ikan bakar bumbu minimalis

5 siung bawang putih
1 ruas kunyit
1 sdt kaldu jamur
1 sdt garam
Lada

Haluskan bawang putih dan kunyit campur kaldu jamur, garam, lada balurkan ke badan ikan sampai merata diamkan sesaat baru bakar sampai matang
Angkat makan dengan sambel kecap joss.

Sambel kecap

Tomat ijo
Rawit
Bawang merah
Kecap manis
Kecap asin angsa
1/2 sdt terasi bakar
Jeruk limo / jeruk nipis

Iris semua bahan campur jadi satu tuang kecap manis dan kecap asin kira2 aja kuncurin dengan jeruk limo.

Bakwan udang

250 gr udang kupas keprek aja
2 bawang merah haluskan
1 siung bawang putih haluskan
1 sdt kaldu jamur
1/2 sdt garam
Lada
Air kira2 jangan encer jangan kental

2 sdm tepung terigu
1 sdm tepung beras
1/2 sdm Sagu / maizena
1 sdt minyak wijen

Campur semua tepung, kaldu jamur, garam, lada, minyak wijen,air sedikit sedikit aduk rata jangan terlalu kental dan jangan encer masukan udang aduk rata. Goreng dengan api sedang sampai kecoklatan angkat.
Cocol dengan sambel serba guna.

Seaweed soup

2 keping rumput laut siram air bentar sambil di bilas beberapa kali peras tiriskan

Daging kapsim secukupnya iris2 tipis
1 butir telur kocok lepas
2 siung bawang putih cincang halus
Kaldu jamur
Garam
Lada
700 ml air

Tumis bawang putih sampai wangi baru masukan daging kapsim aduk sampai daging berubah warna masukan air sampai mendidih masukan kaldu jamur, garam, lada ,rumput laut ,tuang telur yg sudah di kocok lepas sedikit sedikit sambil di aduk tes rasa.Taburin daun bawang dan minyak bawang putih siap dihidangkan.

Selamat mencoba ya, semoga beberapa resep ini bisa membantu memberikan ide agar ibu – ibu tidak bingung lagi ketika ingin masak di rumah.

Kompor Portable yang Mempermudah Kegiatan Memasak

Gorengan kesukaan sejuta umat …
Cakue isi udang adonannya poll udang.
Wangi gurih, lembut didalam krispy diluar enaknya mantap poll

Saya menggoreng cakuenya menggunakan Hi Cook Kompor Portable KC 105 dan DEEP FRY PAN DP-24 series terbaru dari hicookofficial.
DEEP FRY PAN DP-24 ini keren bangeett dengan warna yg cantik. Enak dipakai tidak lengket dan anti gores, gagang / handlenya tahan panas dan dapat digunakan segala jenis kompor.

Cakue udang

2 bh cakue setengah mateng di belah dua potong jadi 3 ato menurut selera gunting tengah cakue buat isi

300 gr udang cincang kasar
2 siung bawang putih cincang
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
2 sdt kaldu jamur
1 sdt saos tirem
2 sdm minyak wijen
Lada
2 sdm sagu
Daun bawang
Campur semua bahan isi ke cakue
Goreng dengan api sedang, bagian yg isian di bawah gorengnya baru di bolak balik kira2 warnanya udah kekuningan angkat
Selamat mencoba!

Udang goreng asem
Slide ke 2 ada yg tau sambel apa kah ?
Setiap daerah pasti beda beda ya sambelnya, kalau aku selagi cocok dilidah pedas asem pasti doyaaaan
Itu sambel paporitenya Paksu.

Udang goreng asem

1/2 kg udang laut besar cuci bersih belah punggungnya dikit aja biar bumbunya meresap
2 sdm asem Jawa
2 sdm gula
2 sdt kaldu jamur
1 sdt garam
Lada

Campur semua bahan remes2 pelan2 biar rata.
Panaskan kuali masukkan udang aduk2 sambil tes rasa ya ,aduk sampai airnya kering kecilkan api tuang minyak kira2 2 ato 3 sdm aja aduk sampai kering dan wangi angkat hidangkan.

Kalau udang tidak keluar air kecilkan api aduk bolak balik udang sampai kulitnya merah baru siram sedikit minyak masak sampai kering dan matang.

Bikin cemilan enakk kriuk kriuk garing bangeettt
Uyen / talas goreng.

Uyen / talas goreng

1/2 talas ponti parut kasar
1 sdm tepung sagu
2 sdm tepung beras
1 sdm ebi sangrai haluskan
1 sdt kaldu jamur
Lada
1/2 sdt baking powder
50 ml air

Bumbu halus
5 bawang merah
4 bawang putih
1 ruas jahe
1 sdm tauco siram air panas tiriskan

Campur semua bahan aduk rata goreng bulet pakai bantuan 2 sendok dengan api sedang sampai kecoklatan angkat.
Selamat mencoba

Ganti Santan dengan Fiber Creme Agar Makanan Tetap Sehat

Makanan tetap gurih dan sehat walaupun tidak menggunakan santan? Bisa banget ya karena sekarang sudah ada yang namanya fiber creme. Salah satu bahan masakan ini bisa menggantikan fungsi santan maupun susu. Rasanya tetap sama dan tidak mengurangi rasa yang ada loh. Berikut ini beberapa resep makanan yang menggunakan fiber creme.

Tiba-tiba kepikiran pengen makan seblak
Cus langsung bikin dech dengan bahan yg ada aja.

Bahan :
Macaroni, pasta spiral, masing2 1 genggam rebus hingga empuk
5buah kerupuk kering (rebus dulu jg boleh)
1/2 keping mie instan
3 buah rawit utuh.
Bumbu halus :
5 buah bawang merah
2 buah bawang putih
1/2 jempol kencur
5 buah cabe merah keriting
Garam, gula, penyebab sesuai selera
Supaya lebih enak aku tambahkan 1sdm fiber creme
300ml air

Cara :
Tumis bumbu halus hingga harum, tuang air lalu kerupuk kering, mie instan, rawit, pasta spiral dan macaroni
Tambahkan garam, gula, penyedap dan fiber creme
Masak hingga meresap, koreksi rasa lalu angkat.
Tabur dengan bawang goreng dan daun bawang.

MIE AYAM JAMUR
Masak sendiri makan sendiri
Ayamnya jadi legit ciamik karena aku tambahkan fiber creme.

Bahan toping ayam :
500gr dada ayam cincang kasar
3 buah jamur hioko kering, rendam sampai lunak dan cincang
Bumbu :
8 buah bawang putih cincang halus
1sdt lada bubuk
2sdm saos tiram
1sdm kecap asin
1sdm kecap manis
1sdt gula pasir
Garam sesuai selera
Supaya lebih enak dan creamy aku tambahkan 2sdm fiber creme.
250ml air
Untuk mienya saya beli jadi, tinggal di rebus.

Cara :
Tumis bawang putih dengan api kecil, masukan ayam aduk2 lalu masukan jamur masak krg lebih 1 menit sambil di aduk bolak balik.
Tambahkan air, semua bahan penyedap dan fiber creme
Masak hingga air menyusut, koreksi rasa lalu angkat.

Rebus mie, lalu tiriskan.
Tambahkan minyak bawang, lada bubuk, kecap asin dan penyedap jamur, aduk ratakan, tata di mangkok lalu tambahkan ayam jamur di atasnya.
Kamu jg bisa tambahkan bakso ikan, telur rebus, dan sayur sesuai selera.

Kumpulan Resep Makanan Lezat dari Makfoodies

PEMPEK DEKIL CHECKKK

Salah satu makanan khas sumatera selatan yaitu pempek. Makanan ini sudah ada sejak zaman dahulu kala dan dibuat karena tanpa sengaja. Banyaknya ikan tenggiri yang ada di laut membuat akhirnya terciptalah makanan ini untuk memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia.

500gr kulit ikan tenggiri
Bawang putih & merah
1 butir telur
2sdt p.jamur
2sdt garam
2sdt gula pasir
3 sdm terigu
450gr sagu
150ml air

ENDUL BANGET

Bikinnya gede2 biar cepat kelar nih siomay ayam udang. buat kamu yang rajin dan sedang punya banyak waktu bisa bikin kecil – kecil ya biar lebih gampang disantap.
Siomainya dgn aneka toping biar kekinian.
Cus la di coba mak

Resep Siomai Ayam Udang

250gr dada ayam
250gr paha ayam.
Lap kering ya lalu di choper atau cincang 1/2 halus.
200gr udang kupas cincang.

2 sdm saos tiram
1sdm kecap asin
1 sdm gula pasir
1/2 sdm garam
1/2 sdm penyedap jamur
1/2 sdt lada bubuk
3 buah bawang putih halus
2sdm minyak wijen
100gr sagu.
Cara:
Campur semua bahan kecuali sagu, aduk rata. Baru masukan sagu. Aduk rata lalu bungkus dgn kulit pangsit.
Pilih kulit pangsit khusus rebus.
Kukus 20 menit.

Bahan saos.
2-3sdm saos tomat
5sdm saos sambal
2buah bawang putih halus.
1sdt penyedap jamur
2 sdm gula pasir
Air krg lb 150ml.

LUMPIA AYAM UDANG
Resep :
150gr ayam
75gr udang kupas
1/2 wortel,
2 btg daun bawang,
1,5sdt masako ayam
1,5 sdm saos tiram
1sdm minyak wijen
1/2sdt lada bubuk
1sdm penuh sagu
Kalau mau lb gurih bisa tambahkan sedikit gula pasir ya bun.

Ini menu bs naikin BB anak jg lo bun protein, sayur, lemak
Seperti fuyunghai tp gak pakek saos asam manis karena anak2 ku gak suka saosnya.

Resep
150gr daging sapi cincang
3 butir telur
Sayur apa aja aku pakai kol
Daun bawang 2 btg
1/2 sdt lada bubuk
1sdt penyedap jamur
1/2 sdt garam.

Campurkan 2sdm terigu + 2,5sdm sagu dgn air secukupnya. Spy tepung rata tdk bergelindir.

Selamat mencoba

Tempat Makan dan Minuman Kekinian di Jakarta

Nasi Campur

Sudah pada cobain nasi campur nya pyramidnasicampur?? Ini recommend loh selain daging nya enak, siobaknya garing, dan gurih. Asin-asin kriuk seperti biasa di tambah dengan sayur asin dan telor jadi semakin mantap.

Untuk harga nya jg lg ada promo lho guys…,
Buy 2 : 72rb utk promo gopay
Buy 3 : 105rb utk promo gopay

pyramid nasi campur
Food Market Sunter
Danau Sunter Utara raya
Sunday – Thursday : 10.00 – 22.00
Friday – Saturday : 10.00 – 24.00
Go Food available

Gelato

Kalo kalian ada di daerah Cibubur boleh mampir ke Mystiz cibubur buat nyobain BANANA CIRCLE GELATO, segerin banget dessert di sini, disajikan dengan topping pisang. Ada juga taburan kacang dan es gelato yang lembut Teksturnya lembut dengan rasa sensasi yang gurih

Penasaran kan ?? Ayo cobain ke sini

: Mystiz Cibubur
Legenda wisata, Ruko Newton Square Blok U18 No.1
: Senin – Minggu | 11AM – 10PM
: ”Feels like Home”

UNICORN DRINK & MANGO KOKUMI

Minuman dengan packaging menarik? Kokumi salah satunya. Nah ini lucu banget, kamu bs liat sendiri gimana lucunya icon dari Kokumi ini. .
UNICORN DRINK!
Nah ini adalah salah satu varian dari Kokumi. Unicorn drink ini adalah perpaduan antara Dragon Fruit Juice dan Mixed Berry Juice dengan machiatto di atasnya. Rasanya seger banget! Enak dan ga kemanisan. Jadi aman di konsumsi oleh anak anak

MANGO DRINK
Suka banget sama rasa mango, selain nyegerin rasanya juga enak banget. rasanya manis kayak mangga harum manis dan enak

IDR 35,000 (reguler)
Kokumi, Senayan city
Delicae 5th floor

DISANTAP PAS LAGI HANGAT DAN WANGI, APAKAH AKU ?

Buat sahabat rokupang kini hadir di BSD jadi ga usah capek capek ke jkt, bisa cobain langsung Rokupang BSD

Aneka roti kukus dan panggang. Tapi, isian topingnya banyak. Mulai dari yang manis hingga asin gurih, ada lengkap.
Kali ini, aku bakal cicip salah satu menu favoritnya yaitu, varian roti asin meses keju dan matcha keju

Aroma roti yang dikukus sangat pekat wangi pandan. Enaknya disantap pas lagi hangat-hangatnya. Rotinya ini sangat menggugah selera. Dipegang pakai tangan, rotinya sangat lembut.

Recommend dan harus banget dateng dan cobain

: Rokupang BSD
Foyu Coffee & Gelato BSD, Blok AL Jl. Anggrek Loka No.17, BSD
(Meses keju n matcha keju)

Aneka Resep Cemilan Pada Bulan Puasa

MANISAN KOLANG KALING

Bahan :
. 250gr kolang kaling
. 5sdm sirup tjampolay cocopandan
. 1lbr daun jeruk
. 1lbr daun pandan
. 5sdm munjung gulpas/sesuai selera
. 400ml air putih
. 1/2sdt pasta pandan
. Air cucian beras secukupnya

Cara :
. Rendam kolang kaling dg air cucian beras 5 jam. Tiris ( untuk menghilangkan bau tidak sedap)lalu cuci sampai bersih.
. Rebus air, gulpas, dn pandan, dn jeruk, pasta pandan, sirup. Setelah mendidih & gula larut tuang kolang kaling masak sampai air tinggal setengah dg api sedang sesekali diaduk ya.
. Taruh dikulkas diwadah kedap udara. Sajikan dalam keadaan dingin lebih nikmat

PEYEK KACANG HIJAU

Bahan :
. 200gr tpg beras
. 150gr kacang hijau
. 2sdm tpg tapioka
. 1btr telor
. 500ml santan sedang(kira2)
. Minyak untuk menggoreng

Bumbu uleg :
. 2 baput kating
. 1sdt garam
. 1sdt ketumbar
. 2lbr daun jeruk buang batang
. Kaldu jamur
. Sejempol kencur
. 4btr kemiri sangrai

Cara :
. Rendam kacang hijau semalaman, tiris
. Tpg beras, tapioka, bumbu uleg aduk rata tambahkan santan dikit demi sedikit sampai adonan merata masih kental. Masukkan telor aduk rata, lalu tambahkan santan lagi sampai agak encer
. Panaskan minyak, siram sekeliling wajan dg minyak supaya tidak lengket ya. Ambil 1 centong adonan tambahkan 1sdm kacang hijau lalu tuang dipinggiran wajan. Klo adonan sudah langsung jatuh ngalir ke minyak berarti sudah pas
. Masak sampai habis & masukkan ke wadah kedap udara

Nb.
1. Kalau adonan kurang encer peyek nanti nya akan keras.
2. Kacang sebaiknya jangan direndam di adonan karena kurang garing saat digoreng

ES CINCAU

Bahan cincau :
. 40lbr daun cincau
. 1ltr air matang

Cara :
. Cuci bersih daun bilas dg air matang
. Remas – remas kuat ya daun dg stengah air lalu saring, lakukan lagi
. Masukkan ke dalam kulkas semalaman. 2jam pun sudah bisa dikonsumsi namun aroma daun nya masih terlalu pekat

Bahan Santan :
. 65ml santan kara
. 300ml air putih
. Sedikit garam
. 1lbr daun pandan simpul

Cara :
. Rebus air, pandan, garam. Setelah mendidih tuang santan aduk terus sampai santan matang

Bahan gulmer :
. 200gr gulmer sisir
. 200ml air putih

Cara :
. Rebus air & gulmer lalu saring

Ambil cincau secukupnya, tambahkan 3 sendok sayur santan, 2sdm gulmer, es batu. Sajikan

Resep Kuliner Lezat Khas Solo yang Mudah Dimasak

Masih ada gudeg sedikit kemarin, saya buatin temannya sambal goreng krecek tapi ini kuah saya banyakin karena lagi pingin yang berkuah, kalau yang ngga suka bisa dikurangi ya kuahnya. Isiannya saya tambahin kacang tholo & kreni..

SAMBAL GORENG KRECEK

. Bahan :
. 80gr krecek – direbus
. 100gr kacang tholo – direbus
. kreni (250gr daging sapi giling)
. 1 papan pete
. 65ml santan kara
. 1000ml air putih
. 4 daun salam
. Seruas laos geprek
. Garam
. 1 sdt kaldu jamur
. 1 sdt gulpas

. Bumbu halus :
. 5 baput
. 8 bamer
. 15 cabe merah keriting

. Cara :
. Kreni : 2 baput, garam, merica, 1/2 telur, 1sdt terigu
. Tumis bumbu halus sampai matang
. Didihkan air, masukkan kreni, kacang tholo, krecek, bumbu tumis, salam, laos, pete, garam, gulpas, kaldu jamur. Masak dg api kecil kurleb 15 menit
. Tuang santan aduk perlahan setelah beberapa saat. Tes rasa
. Sajikan

Pake resep mama, masih menjadi kesukaan kami bahkan sampai anak-anak pada suka ada kuahnya
Kalau yang dibikin coklat saya masak slow cooker malah anak-anak kurang begitu suka.
Ditemani gereh layur (ikan asin)digoreng, sambal dan karak

GUDEG SOLO

Bahan :
. 1/2 bh gori/nangka muda agak besar
. 2 bgks santan kara 65ml
. 3000ml air putih
. 350gr balungan sapi/tulang kurleb
. 2 genggam daun singkong yang sudah direbus dg air garam(potong2)
. 4 daun salam
. 2 ruas laos geprek
. 200gr gulmer
. 1 sachet kaldu sapi bubuk
. . Bumbu uleg :
. 15 baput
. 6 kemiri sangrai
. 1sdm ketumbar

Cara :
. Presto balungan sapi 25 menit. Sisihkan
. Didihkan kukusan. Nangka muda yg sudah dipotong2 kukus kurleb 30 menit. Lalu tumbuk kasar. Sisihkan
. Didihkan kaldu & balungan sapi, masukkan bumbu uleg, nangka muda, daun singkong, salam, laos, gulmer, kaldu bubuk. Tutup & masak dengan api kecil 15 menit. Tuang santan biarkan beberapa saat sambil aduk perlahan, tesa rasa
. Sajikan

KACANG BAWANG

. 2kg kacang kupas
. 2 bungkus santan kara 65ml
. 6 daun jeruk
. 7 bawang putih digeprek
. 10 baput rajang halus
. 1000ml air putih
. Garam secukupnya
. Kaldu jamur
. Minyak goreng agak banyak

. Didihkan air, masukkan garam, kaldu jamur, baput geprek, daun jeruk, santan
. Tuang kacang masak dg api sedang sampai santan surut. Sisihkan
. Panaskan minyak lalu goreng kacang dg api sedang, setelah kacang setengah matang lalu masukkan baput iris, goreng sampai matang
. Lakukan sampai habis
. Tiris, setelah dingin simpan di toples kedap udara ya

Cilok Bumbu Kacang Makanan Khas Jawa Barat

Cilok yang sangat terkenal sebagai salah satu jajanan sore yang berasal dari Jawa Barat. Bentuk dari cilok ini bulat mirip seperti bakso tapi bedanya cilok terbuat dari tepung tapioka dan tidak menggunakan daging. Nah, ini dia resep cilok bumbu kacang yang sangat mudah dibuat.

CILOK BUMBU KACANG

Bahan Cilok :
110 gram tepung tapioka
230 gram tepung terigu
1 sdt garam
1/2 sdt penyedap
3 siung bawang putih dihaluskan
300 ml air
Daun seledri (optional)
Telur puyuh (optional untuk isian cilok)
Tetelan daging (optional untuk isian cilok)
Air dan sedikit minyak untuk merebus

Bahan bumbu kacang :
100 gram kacang tanah
40 gram gula merah/aren
3 siung bawang putih
3 biji cabe merah kriting (saya pakai cabe merah besar)
3 biji cabe merah kriting (saya pakai cabe merah besar)
3 lembar daun jeruk
Secukupnya air
Secukupnya garam/penyedap

Cara membuat cilok :
1. Yg saya bikin ciloknya dulu karna agak ribet. Campur tepung tapioka dan tepung terigu kedalam wadah.Kalau mau ada rasa sedikit pedas bisa ditambah merica ya, ditambah daun seledri juga boleh
2. Didihkan air dan bawang putih yg sudah dihaluskan total 300ml kemudian tuang ke wadah sedikit demi sedikit sampai bisa di bentuk (jumlah airnya bisa kurang bisa lebih ya, jangan tambah air jika sudah bisa dibentuk) alasan saya rebus bawang putih yg udah diblender karna lebih Wangi aja nanti adonannya tapi kalau mau campur bersama tepung juga boleh ya
3. Ambil sedikit adonan kemudian isi dengan daging/telur puyuh, sesuai selera saja ya, lakukan hingga habis.
4. Didihkan air untuk merebus cilok beri sedikit minyak,jika sudah terapung angkat dan tiriskan. Setelah direbus biasanya saya kukus sebentar

Cara membuat bumbu kacang :
1. Goreng kacang dan bawang putih sampai setengah matang, angkat
2. Haluskan kacang, cabai rawit, cabai keriting dan bawang putih hingga halus
3. Kemudian tumis bumbu kacang, tambahkan gula merah yg sudah disisir halus dan juga daun jeruk, masukkan air kemudian beri sedikit penyedap, masak hingga meletup-letup, tes rasa.
Untuk airnya sesuai selera ya bun kalau mau yg encer boleh dibanyakin ya